Blog

Beberapa Permasalahan terkait belajar Les Privat

Untuk peningkatan nilai akademis di sekolah, seringkali orang tua berinisiatif memanggil Guru Privat ke Rumah. Terutama di daerah Jakarta Bogor, Bekasi, dan Depok, kebutuhan mengundang Guru Privat Ke rumah sudah menjadi keharusan. Hal ini didasarkan dengan beberapa asumsi yang logis dan praktis saat orang tua membutuhkan hasil yang lebih baik untuk siswa les privat.

Di antara alasan tersebut adalah; pertama,  agar siswa dapat belajar langsung dengan bimbingan Guru, kedua, Agar siswa lebih konsetrasi dalam belajar karena terhindar dari  gangguan situasi kelas, ketiga, Agar anak bisa langsung belajar privat dan langsung bertanya kepada guru terkait soal sulit yang dia tidak bisa, Keempat, Agar siswa bisa menerapkan konsep belajar tertarget (Targetted Learning) sehingga sevara perlahan kualitas penguasaan terhadap materi les privat matematika misalnya, bisa dikuasai setiap topik.

Namun Les Privat ke rumah bukan tanpa kendala yang dapat mengganggu hasil belajar les Privat. Baik masalah disebabkan oleh Siswa, Guru, atau materi ajar. Pada tulisan singkat berikut akan di bahas beberapa permasalahan les privat yang terkait dengan tiga hal diatas.

Masalah masalah Les Privat yang timbul dari Guru
 

a. Guru Tidak Kompeten.

Biasanya orang tua mendapatkan guru les privat langsung melalui guru Privat yang dikenal. Misalnya Bu Rini Tinggal di daerah Bintaro. Bu Rini membutuhkan jasa les privat SMA di Bintaro. Waktu Bu Rini tidak sengaja mampir ke rumah temannya, temen Bu Rini menemukan bahwa anak temannya sedang mengikuti Les Privat Matematika SMP. Kerena Bu Rini cukup sulit menemukan Guru Les Privat di Jakarta Selatan, beliau meminta Tutor Les Privat ke rumah yang dipakai oleh temannya tersebut untuk mengajar di rumah beliau. Setelah menjalani proses belajar, rupanya Kebutuhan Les Privat anak bu Rini adalah pelajaran Fisika. Dan kebetulan Tutor yang mengajar tersebut berlatar belakang jurusan matematika, dan jarang mengulangi pelajaran Fisika SMA. Maka tentu saja akhirnya tutor sudah mengajarkan hal yang tidak sesuai dengan kompetensinya. Akhirnya hasil belajar tidak maksimal karena tutor tidak kompeten.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *